Generator adalah
sebuah alat yang memiliki sistem kerja yang merubah energi mekanik menjadi energi
listrik.
Apabila sejumlah
konduktor digerakkan
tegak lurus sejauh ds memotong suatu
medan magnet, dengan kerapatan fluks B, maka perubahan
fluks di dalam konduktor
dengan panjang efektif l
adalah:
Prinsip Kerja Generator
(Faraday)
Keterangan:
e = electro motive
force (EMF)
B = kerapatan fluks
v = kecepatan
Konsep dasar yang
dipakai adalah Generator AC
Dilihat dari letak kutub atau kumparan medan:
a.
Generator Sinkron Kutub Dalam
GS
di mana kumparan jangkarnya terletak pada stator dan kumparan medan pada
rotor.
Keuntungan:
- Arus beban
dapat langsung dialirkan ke terminal dan langsung ke rangkaian beban
- Pengisolasian
kumparan stator untuk tegangan tinggi dapat mudah dilakukan
- Pemberian arus medan yang melaluhi
slipring dan sikat ke kumparan
medan di rotor mudah dilakukan
b. Generator Sinkron Kutub Luar
GS
di mana kumparan jangkarnya terletak pada rotor dan
kumparan medan terletak
pada stator.
Dilihat dari cara pemberian arus medan generator sinkron kutub dalam
a.
Brushless Generator
Pada
generator ini tidak terdapat sikat dan slipring, arus medan diperoleh dari sebuah
kumparan di rotor dengan melalui penyearah yang juga terletak di rotor,
arus searah (DC) dialirkan ke kumparan medan.
![]() |
Komponen Generator
|
Prinsip brushless
generator yakni menggunakan
generator AC kecil sebagai exciter. Generator AC kecil ini mempunyai kutub luar
artinya arus searah yang diperlukan untuk menimbulkan medan magnet diberikan
pada bagian yang tidak bergerak (stator) sedangkan rotor terdiri dari kumparan
bolak-balik. Exciter ini dapat dilihat sebagai generator AC kecil pada gambar
berikut ini:
![]() |
Gambar
Generator Brushless
|
Keuntungan:
Generator ini mempunyai keuntungan yaitu tidak
mempunyai sikat atau dengan kata lain kerugian gesekan kecil tetapi penggerak
utama diberi beban extra yaitu exciter AC kecil.
b. Dengan Melalui Sikat dan Slipring
Arus
medan diambil dari
luar, melalui sikat dan slipring
menuju ke kumparan medan yang terletak di rotor.
No comments:
Post a Comment